Iklan

Iklan

,

Iklan

KJRI Kuching bantu pemulangan jenazah PMI asal Sambas

NASIONALKINI.com
Sabtu, 13 Februari 2021, 18.32.00 WIB Last Updated 2021-02-13T11:34:12Z


Nasionalkini.com-- KJRI Kuching telah membantu proses pemulangan jenazah PMI atas nama Jaili, asal Kab, Sambas  Kalbar melalui perbatasan Biawak Sarawak - Aruk Indonesia.Jumat (12/02/2021)

Almarhum sebelumnya datang diantar oleh sesama PMI dari Batu Niah, Sarawak ke KJRI Kuching hari Minggu tgl 7 Februari 2021 dengan kondisi kurang sehat. KJRI Kuching segera menghubungi pihak keluarganya di Sambas dan permintaan pihak keluarga inginkan almarhum untuk dipulangkan secepatnya. Yang bersangkutan langsung ditampung di shelter KJRI Kuching.

KJRI Kuching segera memproses dokumen pemulangan almarhum agar bisa segera dipulangkan tanpa menunggu jadwal repatriasi dan deportasi.

KJRI Kuching juga sudah jadwalkan pemulangan almarhum pada hari Rabu pagi tanggal 10 Pebruari 2021 setelah proses  dokumen untuk pemulangan almarhum selesai.

Pada hari Rabu tanggal 10 Pebruari 2021 pagi hari sekitar pukul 8, pada saat proses persiapan untuk pemulangan, suhu tubuh almarhum meningkat sangat tinggi dan tidak sadarkan diri,  sehingga untuk menjaga hal- hal yang tidak diinginkan, pihak KJRI Kuching langsung menghubungi pihak Rumah Sakit yang segera mengirim Timnya untuk proses pemeriksaan dan pembawaan ke Rumah Sakit. Namun Tuhan berkehendak lain, pada saat akan dibawa ke Rumah Sakit almarhum meninggal dunia.

Sesuai SOP Covid 19,  jenazah almarhum langsung ditangani Hospital Umum Sarawak untuk melakukan pengecekan Covid 19.

Setelah hasil pengecekan Covid 19 almarhum dinyatakan negatif, KJRI Kuching segera berkoordinasi  dengan pihak-pihak terkait untuk persiapkan dokumen pemulangan jenazah almarhum ke Sambas melalui PLBN Aruk.

Jenazah almarhum dapat dipulangkan melalui PLBN Aruk, Sambas. Di PLBN Aruk jenazah diterima Satgas pemulangan PMI dan juga pihak keluarga almarhum yang sudah mempersiapkan ambulan pengganti untuk membawa jenazah ke kampung halaman  untuk dikuburkan disana.

Proses pemulangan dan penyerahan jenazah berjalan lancar atas kerjasama dan koordinasi dengan pihak CIQS Biawak Sarawak dan pihak terkait di PLBN Aruk serta komunikasi yang baik dengan pihak keluarga almarhum. Pihak keluarga almarhum mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan KJRI Kuching.

Sumber : KJRI Kuching