Iklan

Iklan

,

Iklan

Ketua IWO Sumsel Efran Ajak Danlanal Palembang Kerjasama Tata Kelola Media

Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023, 06.35.00 WIB Last Updated 2023-10-22T23:36:01Z

NASIONALKINI.COM, PALEMBANG | Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang, siap bekerjama dengan media atau pers di Sumatera Selatan, untuk memaksimalkan publikasi dan sosialisasi kegiatan di internal Lanal Palembang bagi masyarakat. 

Hal itu dikatakan Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, saat menerima kunjungan Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel, periode (2022-2028) di ruang tamu Danlanal Palembang, Rabu, (18/10/2023).

Lebih lanjut, Danlanal Palembang menyatakan sangat mendukung cita-cita IWO Sumsel, mewujudkan iklim pers yang “beakhlaq dan beradab”, sehingga masyarakat akan lebih cerdas memahami pemberitaan yang tersebar melalui media yang terus berkembang, terutama informasi kegiatan di internal Lanal Palembang.

“Bagi kami, media itu salah satu mitra strategis, terutama untuk publikasi kegiatan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, sehingga masyarakat juga akan lebih banyak mengetahui kegiatan kami. Kita juga berharap, dengan kerjasama ini, akan ada value atau berita yang bernilai, informasi dari internal kami dapat mencerdaskan masyarakat, dan bukan hanya ceremoninya saja. Dalam hal ini tentu kami siap kerjasama,” tegasnya.

Tentang upaya maksimalisasi informasi Lanal Palembang yang harus memiliki value (nilai berita) ini,  Danlanal Palembang juga menjelaskan, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang benar-benar memahami tentang seluk beluk ilmu jurnalistik. 

Oleh sebab itu , Danlanal Palembang sangat apresiatif atas gagasan IWO Sumsel yang akan siap membantu Lanal Palembang untuk memaksimalkan pemahaman jurnalistik, khususnya bagi tim media di internal Lanal Palembang.

“Pada prinsipnya kami sangat senang dan terima kasih sudah mendapat kunjungan pengurus IWO Sumsel. Sebab, kami ini prajurit, dan tidak banyak menguasai tentang bagaimana menulis berita. 

Jadi kami sangat terbuka untuk berkerjasama, supaya pengetahuan di internal tim media kami, akan lebih banyak memahami ilmu jurnalistik, juga akan punya kemampuan lebih, bagaimana menulis informasi yang bernilai berita, bagaimana foto standar jurnalistik, bukan sekadar ceremoninya saja. Kami tunggu folow-up konkret-nya dari pertemuan ini. Saya lebih suka kalau langsung pada action-nya. 

Apa yang akan kita kerjasamakan, bentuknya bagaimana, dan kapan, nanti bisa dikoordinasikan dengan tim media di internal kami,” tegasnya.

Merespon hal itu, Efran, Ketua IWO Sumsel periode 2022-2028 menyatakan, pihaknya akan segera menyiapkan konsep kerjama dengan Lanal Palembang. Dalam satu pekan ke depan, menurut mantan Ketua IWO Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Kabupaten (PALI) periode (2019-2024) ini, divisi program IWO Sumsel akan menyampaikan berkas kerjasama secara teknis.

“Siap, dalam waktu dekat, paling tidak satu pekan ke depan tim kami khususnya divisi program bersama sekretaris kami akan segera menyiapkan berkas kerjasama, yang isinya penjelasan teknis kerjasama dalam bidang media bersama Lanal Palembang,” tegas mantan Reporter dan Presenter PALI Radio ini.

Pada kesempatan itu, Owner Media Online SuperejaTV.com dan TintaMerah.co.id ini mengharapkan peran serta Danlanal Palembang dan jajarannya ikut serta membantu IWO Sumsel untuk mewujudkan iklim pers di Sumsel yang berakhlak dan beradab. Sebab, profesi jurnalis atau wartawan wajib menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran, yang keduanya merupakan bagan dari akhlaq dan ke-adaban.

“Kalau kita kutip dari beberapa literatur, dapat dipahami, adab merupakan perilaku manusia yang dihasilkan dari norma atau aturan, yang tentu diperoleh dari proses belajar. Sedangkan akhlak, merupakan perilaku yang didorong oleh jiwa atau hati seseorang, dari hasil proses renungan dari batiniyah wartawan,” tegas Efran.

Terkait dengan tagline IWO Sumsel “berakhlaq dan beradap” inilah, Efran bersama Pengurus IWO Sumsel, dalam setiap lawatannya, selalu mengajak semua pihak, termasuk Danlanal Palembang, untuk turut membantu dan mendorong terwujudnya semboyan IWO Sumsel tersebut, menjadi kenyataan.

“Untuk mewujudkan iklim pers yang berakhlak dan beradap ini, tentu kami tidak bisa sendirian. Oleh sebab itu kami bersilaturahmi ke sini, selain menjalin kerjasama program, juga berharap kepada Bapak Danlanal dan jajarannya ikut membantu dan mendorong terwujudnya iklim pers yang berakhlq dan beradab,” tegasnya.

Di akhir perbicangan, Danlanal Palembang juga menjelaskan beberaba jajarannya, yang banyak memiliki prestasi dan keahlian. Bahkan diantara aggotannya, ada yang memiliki prestasi kelas dunia, yang sangat layak diberitakan ke publik. 

“Banyak anggota Lanal ini yang punya prestasi. Bahkan prestasinya ada yang berkelas dunia, dan ini sangat layak diketahui masyarakat, itu boleh kalau mau ditulis jadi berita, supaya hal ini akan menjadi motivasi bagi yang lain, sekaligus masyarakat juga mengetahui,” tambahnya.

Pada kesempatan itu jajaran Lanal Palembang, dihadiri, Komandan Lanal Palembang, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Pelaksa Lanal Palembang, Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Dandenpomal Lanal Palembang, Mayor Laut Pom Reza Ali Aksa Lanal Palembang, dan Kauropslat Lanal Palembang, Lettu Laut (P/W) Desi Sundari.

Sementara Pengurus IWO Sumsel, dihadiri, Efran Ketua IWO Sumsel, Imron Supriyadi, S.Ag, M.Hum, Sekretaris IWO Sumsel, Yuli Afriyani, Bendahara IWO Sumsel, dan Hadi Santoso, Anggota. (***)