Iklan

Iklan

,

Iklan

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun

NK NEWS
Jumat, 09 September 2022, 22.14.00 WIB Last Updated 2022-09-09T15:14:34Z
Foto: Ratu Elizabeth (REUTERS/POOL)

NK TV | JAKARTA - Ratu Inggris, Elizabeth meninggal dunia di usia 96 tahun, setelah kondisi kesehatannya semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir. "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," demikian pernyataan Istana Buckingham.

Istana Buckingham mengumumkan sang ratu meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) di usianya ke-96 tahun.

Sebelumnya kesehatan Ratu Inggris, Elizabeth, dikabarkan dalam situasi yang memburuk. Bahkan, dokter kerajaan menyarankan kesehatan ratu 96 tahun itu untuk selalu dalam pantauan tim medis.

Diketahui, sang ratu, penguasa terlama di Inggris dan pemimpin tertua di dunia, telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai 'masalah mobilitas episodik' sejak akhir tahun lalu. Ratu Elizabeth bahkan juga dipaksa untuk mengurangi keterlibatannya dalam acara publik, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis," kata pengumuman itu.

Namun tak ada detil lagi soal penyakit pemimpin 15 kerajaan itu. Sesaat setelah pengumuman, perlahan-lahan seluruh anak dan cucu Ratu Elizabeth datang ke Balmoral. Termasuk di antaranya Pangeran Charles dan istrinya Camilla serta Pangeran William.

Pangeran Harry, putra kedua Charles, juga hadir dari Amerika Serikat (AS). Namun tak tampak istrinya Meghan Markle. Diketahui Royal Air Force KRF23R juga melakukan penerbangan. Pesawat yang membawa rombongan kerajaan itu mendarat di bandara Aberdeen. 

Istana Buckingham sendiri mengumumkan kematian Elizabeth di Twitter. Ini sekitar 18.30 waktu setempat.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," cuit pengumuman itu.

Ia tutup usia di umur 96 tahun. Sebelumnya suaminya Pangeran Phillips meninggal 2021 lalu. Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II maka anak sulungnya, Pangeran Charles yang akan naik takhta sebagai Raja Inggris. Semasa hidupnya Ratu Elizabeth telah melakukan berbagai hal. **