Iklan

Iklan

,

Iklan

Prabowo Subianto Makin Berpeluang Unggul Pilpres 2024

Redaksi
Sabtu, 21 Oktober 2023, 23.12.00 WIB Last Updated 2023-10-21T16:12:04Z

NASIONALKINI.COM - Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto berpeluang memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Tersebut adanya dukungan yang kuat dari para pemilih loyalnya semenjak Pilpres 2019 silam, buat elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut terus menguat.

Prabowo Subianto juga saling bergantian menempati posisi pertama dari berbagai lembaga survei.

Terhitung makin stabilnya suara Prabowo Subianto dikarenakan adanya suara para pemilih loyal yang terus mendukungnya kata Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, Jum’at (20/10).

Adib melanjutkan, tak hanya adanya para pemilih dan pendukung loyal yang tetap memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Yang tak kalah menarik adalah adanya dukungan Presiden Jokowi kepada Prabowo yang terus menunjukkan sinyal penguatan jelang Pilpres 2024.

Bila merujuk lebih dalam, berdasarkan hasil survei terbaru dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 2-8 Oktober 2023, pemilih Jokowi pada 2019 silam, terus menunjukkan penguatan kepada Prabowo yakni sebesar 25,4 persen.

Sementara itu, pemilih Prabowo terus menunjukkan peningkatan di survei yang sama menjadi sebesar 54,4 persen dari sebelumnya 49,9 persen.

Maka itu, Adib menilai adanya pemilih loyal ditambah dengan adanya endorsemen dari Presiden Jokowi kian membuat elektabilitas Prabowo semakin kuat menghadapi Pilpres 2024.

Adib meyakini, elektabilitas Prabowo akan terus berada di atas Capres PDIP Ganjar Pranowo maupun Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

“Ketika pemilih loyal Prabowo ditambah dengan endorsement Jokowi itu yang menurut saya mutlak yang menjadi stabilitas dari hasil survei yang mengeluarkan nama Prabowo ini masih survive,” ujar Adib.

Selain adanya endorsement Presiden Jokowi dan pemilih loyal, Prabowo juga terus berada di peringkat pertama dari hasil survei LSI.

Di dalam survei tersebut, Prabowo ada di urutan teratas mengalahkan Ganjar sekaligus Anies.

Di dalam survei LSI tersebut, Prabowo berada di peringkat pertama dengan total dukungan mencapai 37,0 persen. Disusul Ganjar dengan 35,2 persen dan Anies 22,7 persen. (***)