Iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Minister Meeting G20, 1257 Polisi Siaga Di Magelang

REDAKSI
Senin, 12 September 2022, 09.34.00 WIB Last Updated 2022-09-12T02:34:21Z

NASIONALKINI.COM | MAGELANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi turut menyambut kedatangan para delegasi kegiatan Culture Minister Meeting G20 di Pelataran Heritage Candi Borobudur Magelang, pada Minggu (11/9).

Kegiatan para menteri kebudayaan negara peserta G20 itu dijadwalkan berlangsung hingga 14 September 2022.

"Minggu (11/1) para menteri akan melaksanakan kegiatan sarasehan yang dilaksanakan di Balkondes Ngargogondo The Gade Village. Personel pengamanan sudah disiagakan," 
Polri dalam hal ini Polda jateng jamin keamanan selama pelaksanaan kegiatan dan peserta G20 di Borobudur,” kata Kapolda.

Dia menambahkan, sebanyak 1.257 personel gabungan disiapkan Polda Jateng untuk pengamanan rangkaian kegiatan Culture Minister Meeting G-20 di kompleks Candi Borobudur. Para personel pengamanan tersebut merupakan gabungan dari TNI, polisi, Dishub, BPBD, Damkar, dan Satpol PP.

Kapolda menegaskan dirinya sudah berpesan kepada seluruh personel untuk selalu fokus terhadap seluruh rangkaian pengamanan dan juga rangkaian kegiatan. 

"Termasuk ikut melakukan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antarsatuan sehingga pengamanan dapat berjalan sesuai rencana," tambahnya.

Sebelumnya, Komandan Satuan Brimob Kepolisian Daerah Jateng Komisaris Besar Polisi Yopie Indra Prasetya Sepang memimpin Gelar Pasukan Pengamanan Culture Minister Meeting G-20 di Lapangan drh. Soepardi Mungkid, Kabupaten Magelang pada Sabtu (10/9).

"Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk melihat kesiapan personel dalam melakukan tugas. Masing-masing perwira pengendali akan melakukan cek terkait dengan kesiapan mereka," kata Yopie Indra di depan media.

Dansat Brimob menyampaikan pengamanan difokuskan pada tempat-tempat kegiatan, penginapan para delegasi, dan lokasi kegiatan utama di Candi Borobudur.

"Kami lakukan pengamanan secara maksimal. Sudah ada pola pengamanan, nanti akan dicek. Penempatan-penempatan personel pada titik krusial akan kami perkuat. Itu sudah dilakukan perencanaan pengamanan baik oleh Kapolres Magelang maupun Polda Jateng," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kepolisian Resor Magelang Ajun Komisaris Besar Polisi M. Sajarod Zakun menambahkan pengamanan khusus dilakukan di seputar Candi Borobudur karena seluruh rangkaian kegiatan delegasi G-20 terpusat di seputar kawasan objek wisata bersejarah itu.

"Oleh karena itu, beberapa ruas atau simpul-simpul jalan kami lakukan rekayasa lalu lintas ketika kegiatan berlangsung di lokasi tersebut," katanya. (IS)