Iklan

Iklan

,

Iklan

Syaikh Ammar Kunjungi Ponpes Ar-Rohman, Berbagi Tips Mudah Menghafal Al-Quran

Redaksi
Rabu, 14 Oktober 2020, 18.52.00 WIB Last Updated 2020-10-14T12:01:58Z
Syaikh Ammar Kunjungi Ponpes Ar-Rohman, Berbagi Tips Mudah Menghafal Al-Quran

NASIONAL KINI ■ Lantunan sholawatan terdengar merdu dan mendamaikan suasana. Para santri hilir mudik, goresan bahagia terlukis dari raut wajahnya. Sesekali mereka lukiskan senyum yang penuh kedamaian,  di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo, Magetan. 

Kesempatan luar biasa bersilaturahmi dengan cicit syaikh abdul qadir al-jailani sekaligus Imam masjid al-aqsha Palestina. Syaikh Ammar Azmi Ar-Rafati Al-Jailani Al-Hasani. Jika diteruskan nasab beliau bertemu hingga cucu Rasulullah SAW Sayyidina Hasan. Sungguh kesempatan yang luar biasa, bukan?

“Pagi ini, para santri menyambut kedatangan Syaikh Ammar dengan penuh antusias,” ungkap Ustadz Mul yang ditemui ditengah kesibukannya (13/10/2020). Tepat jam 09.00 WIB serambi masjid K.H. Abdurrohman Tegalrejo telah dipenuhi santri. Patuh protokol kesehatan tak menjadi alasan untuk menyurutkan semangat mereka. 

Syaikh Ammar sangat piawai dalam disiplin pemahaman Al-Quran dan Hadist. “Bahkan beberapa kali beliau meraih penghargaan juara Musabaqoh Tilawatil Quran Internasional,” tutur Ustadz Fikri Habibullah Muharram Lc, khadim sekaligus pengalih bahasa Syaikh Ammar. 


“Syukur alhamdulillah ditengah kesibukan Syaikh Ammar dapat meluangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada segenap santri, apresiasi yang luar biasa kami sampaikan,” tutur Ustadz Muhammad Ridlo Rifa’I, Lc., M.Pd selaku ketua yayasan Ar-Rohman Tegalrejo dalam sambutannya.

Dalam kesempatan berbahagia ini, Syaikh Ammar berbagi tips menghafal Al-Quran yang mudah bagi para Hafid Hafidzah. 

Beliau juga menyampaikan gambaran secara singkat pengalaman beliau dalam menghafal Al-Quran. Sejak usia 11 tahun beliau sudah mengkhatamkan hafalan Al-Quran dan menghafal ratusan hadist. 

“Tidak boleh gonta-ganti Al-Quran, ada teman untuk menghafal, membaca berulang-ulang, serta harus ada guru tahfidnya, empat tips cepat menghafal Al-Quran,” penjelasan Syaikh Ammar. 

Adanya teman dalam menghafal Al-Quran memiliki peranan yang sangat penting, selain sebagai penyimak, juga sebagai stimulus agar santri lebih semangat menghafal Al-Quran. 
Aliran semangat dari sesama teman mampu memicu semangat santri untuk terus berusaha menambah jumlah hafalannya. Hal tersebut dijelaskan oleh Syaikh Ammar dengan rinci. Bahkan, ada beberapa perwakilan santri yang beliau tunjuk untuk praktek tips yang beliau jelaskan tersebut.

Dengan suara merdunya Syaikh Ammar melantunkan ayat-ayat Al-Quran, seketika suasana hening tercipta, anugerah keindahan suaranya ciptakan suasana kedamaian dan semoga mampu tiupkan energi penyemangat bagi segenap santri untuk lebih semangat menghafal Al-Quran.

■ RENITA A.K