Iklan

Iklan

,

Iklan

Anjungan " Pesona Umpungeng " Padukan Wisata Alam dan Kuliner

NASIONALKINI.com
Kamis, 10 Maret 2022, 21.53.00 WIB Last Updated 2022-03-10T14:53:38Z



Soppeng, Nasionalkini.com,- Tingginya minat plesiran masyarakat saat ini terus memacu pemerintah maupun wiraswasta yang bisa melihat peluang untuk mengembangkan destinasi wisata.

Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu warga Desa Umpungeng Jumarhadi, SE yang selama ini berprofesi sebagai petani modern yang jeli melihat potensi pariwisata disekitarnya.

Bermula dari seringnya pemuda desa berkumpul di salah satu puncak di Dusun Jolle, Jumarhadi tergerak untuk membuat sebuah tempat yang menjadi tujuan wisata bagi pengunjung lokal dan wisatawan luar nantinya.

Memanfaatkan lahan pribadi di Lanca'E salah satu puncak tertinggi di Dusun Jolle Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Jumarhadi bersama beberapa pemuda mencoba mempercantik lahan tersebut dengan menggunakan bahan bahan sederhana namun menghasilkan spot yang menarik untuk bersantai ataupun swapoto.

Salah satu spot yang menarik adalah jembatan yang mengarah kesebuah anjungan.

Menurut Jumarhadi, SE yang ditemui dipuncak LancaE beberapa waktu lalu (08/03/22) , Anjungan tersebut kami namakan " Pesona Umpungeng ", tercetusnya nama tersebut salah satu alasannya karena melalui anjungan tersebut kita bisa melihat sebagian besar wilayah Desa Umpungeng, yakni Dusun Liangeng, Dusun Bulu Batu, Dusun Umpungeng, Dusun Waesuru, dan Dusun Jolle.

Melalui anjungan tersebut para pengunjung bisa menyaksikan hijaunya lembah dan pegunungan terutama indahnya panorama senja pada saat sunset ( terbenamnya matahari ) dibalik megahnya gunung yang berada diufuk barat Desa Umpungeng.

Ditempat yang sama Jumarhadi, SE menambahkan, nantinya disini pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yakni buah durian yang bisa dipilih dan dipetik sendiri oleh pengunjung.

Disamping itu, kami juga menyediakan sebuah penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap menikmati sejuknya Desa Umpungeng.

Kami akan terus melakukan pengembangan di lokasi " Pesona Umpungeng " ini agar semakin menarik dan diminati pengunjung, salah satu yang masuk dalam perencanaan adalah pembangunan cafe, penyediaan lahan untuk berkemah dan sanitasi ( WC ).

Kedepannya " Pesona Umpungeng " akan kami buka untuk umum dengan menarik retribusi untuk operasional pemeliharaan dan kebersihan. Tutup Jumarhadi, SE.

Walaupun destinasi wisata " Pesona Umpungeng " masih dalam masa pengembangan animo pengunjung sudah sangat tinggi, termasuk dari kalangan dunia photography.

Anjungan " Pesona Umpungeng " adalah spot favorit terbaru untuk poto pre wedding maupun hunting poto Ungkap Fachriadi salah satu photographer di Bumi Latemmamala.

Kepala Desa Umpungeng Shalahuddin, S. Ag yang dihubungi via whatsshap menuturkan, kami selaku pemerintah desa mengapresiasi setiap warga yang bisa mengembangkan potensi diri maupun lingkungannya untuk kemajuan Desa Umpungeng, Tutupnya. (Jeff)