Iklan

Iklan

,

Iklan

Abdi Mahesa Mahasiswa Unhas Berhasil Terjemahkan Satu Episode dalam La Galigo

NASIONALKINI.com
Senin, 09 Agustus 2021, 19.52.00 WIB Last Updated 2021-08-09T12:52:49Z



Makassar, Nasionalkini. com, - Sebagai karya sastra terpanjang di dunia yang oleh UNESCO dikukuhkan sebagai memory of the world, Karya Sastra La Galigo selalu menyajikan berbagai topik menarik dikaji dari berbagai episode di dalamnya.

Abdi Mahesa Salah satu mahasiswa dari Departemen Sastra Bugis-Makassar Fakultas Ilmu Budaya Unhas yang baru saja diyudisium mengangkat obyek La Galigo sebagai tugas akhirnya.

Dalam bincang santai (9/8/2021) Ia mengaku memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap La Galigo sejak menjadi mahasiswa baru.

Baginya, La Galigo bukan hanya sekedar karya sastra, melainkan bukti monumental Budaya Bugis yang tertuang secara naratif dalam bentuk prosa yang memiliki ribuan bait syair.

Abdi Mahesa sendiri menyatakan telah menyelesaikan 3000 baris syair dari salah satu fragmen La Galigo yang bernama Episode Taggilinna Sinapatie. Ia kemudian menganalisis hasil transkripsi dan terjemahannya melalui perspektif sastra, formula dan tauhid.

Dalam menyelesaikan studi akhirnya tersebut, Abdi Mahesa menghabiskan waktu sekitar 1 tahun 3 bulan yang diawali dengan study katalog di kantor Arsip Sulawesi Selatan dan mengunjungi tempat-tempat yang masih merawat tradisi La Galigo. Menurutnya, ia begitu tertantang menyelesaikan peneletian ini sebab memiliki kandungan Islam yang disinyalir sebagai media dakwah para muballigh dalam menyebarkan islam secara kompromis dan persuasif melalui sastra tradisional.

Abdi Mahesa pun mengakui bahwa hampir semua isi teks yang ada dalam episode tersebut menggunakan bahasa Bugis Kuno yang bersifat arkhais.

Abdi Mahesa mengharap agar kajian La Galigo tidak hanya dilakukan oleh dirinya seorang, melainkan juga kepada anak-anak muda dengan menjadikan kajian-kajian budaya dan sejarah sebagai sumber pengetahuan dan giat identitas mereka. Salah satu diantara sumber pengetahuan tersebut adalah sastra La Galigo. ( JJ ).