Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Soppeng Membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 Kodim 1423/Soppeng Tahun 2022

NASIONALKINI.com
Rabu, 11 Mei 2022, 16.24.00 WIB Last Updated 2022-05-11T09:24:40Z



Soppeng, Nasionalkini.com,- Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak SE. membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-113 Kodim 1423/Soppeng Tahun 2022, dengan Tema " TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI " bertempat di Aula Kantor Camat Marioriwawo Kel.Tettikenrarae Kec Marioriwawo Kab Soppeng.
Rabu. 11/5/2022.

Hadir dalam acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 113 tahun 2022 Kodim 1423/ Soppeng, Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE, Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil SE. MM, Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Richard Marihot Butar butar, S.A.P M.Tr (Han) MM, Kasiops Rem 141/Tp, Kol Inf Sukirman Sulaiman, ketua DPRD Soppeng serta para pimpinan FKPD.

Kegiatan diawali dengan pembacaan laporan kesiapan, kemudian penandatanganan naskah berita acara TMMD Ke-113 Tahun 2022 oleh Bupati Soppeng yang didampingi Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Richard Marihot Butar butar S.A.P M.Tr (Han) MM.
Kemudian dilanjutkan penyematan tanda peserta dan penyerahan toolkit secara simbolis oleh Bupati Soppeng kepada masing-masing perwakilan.

Pada sambutannya, Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak SE. mengatakan,“ TMMD Secara umum diartikan sebagai suatu komitmen TNI untuk berkontribusi terhadap pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya dalam hal membantu memberikan solusi permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah, juga program ini merupakan kegiatan yang ada di desa kabupaten terutama sekarang ini.
Jadi ini program tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik dari segi Ekonomi dan kesehatan. lanjut Kaswadi

“Olehnya itu Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi ditunjuknya Kabupaten Soppeng sebagai lokasi TMMD yang Ke – 113, meskipun di saat kita dalam keadaan masih menghadapi pandemi, ini semua wilayah di Republik ini sangat membutuhkan perhatian dan komitmen kita bersama, agar suasana yang sangat terasa dampaknya bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia, bentuk keberadaan ini sangat membantu pemerintah daerah dalam hal mencarikan solusi meringankan beban masyarakat,” Katanya.


Hal senada yang disampaikan Danrem 141/ Toddopuli Brigjen TNI Djazar Djamil SE. MM. bahwa ,Tujuan diselenggarakannya kegiatan TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan, agar dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat memantapkan wawasan kebangsaan, membangun persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesadaran bela negara dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Ucap Djazar Djamil.

Dirinya menjelaskan bahwa melalui wadah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada hakekatnya sangat erat kaitannya dengan strategi pembangunan desa yang direncanakan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mewujudkan hal tersebut, maka sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Soppeng.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Soppeng ini, adalah berupa pembangunan fisik, sarana dan prasarana kebutuhan yang
secara langsung mengatasi kesulitan masyarakat Kabupaten Soppeng, sebagaimana yang akan kita laksanakan sekarang ini adalah Pengerasan jalan tani yg menghubungkan Lingkungan Labessi dengan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 5.000 meter, dan Pengerasan jalan tani Dusun Sekkang Kampung Taritie menghubungkan jalan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 4.500 meter.
Jalan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dengan adanya akses jalan ini kegiatan perekonomian masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien karena jalur distribusi Logistik menjadi lebih pendek dan lancar.

Sedangkan untuk kegiatan Non fisik yaitu berupa Penyuluhan Kehutanan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Posbindu PTM, Penyuluhan ONP, dan Pelayanan Khitanan.

Berbuatlah yang terbaik dengan berani tulus dan ikhlas serta tetap semangat jalin kerjasama dan kekompakan agar Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat.Pinta Danrem 141/ Toddopuli.(AN/JJ).